Rabu, 19 Februari 2014

Ciri ciri Gejala Kerusakan BIOS Komputer


Yuk..kali ini kita belajar mendiagnosa hardware dari komputer yang kemungkinan sepertinya ada bermasalah ,dan untuk itu mari perhatikan tabel dibawah ini :
No
Tanda – Tanda / CIRI
Keterangan

1

CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.

Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya.
2
Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low
diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.

Solusi : Ganti Batrey nya


Pesan kesalahan BIOS
Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua sama. Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.,yaitu :
Jenis BIOS
Bunyi Beef
Keterangan

[AMI BIOS]

Beep 1x

Beep 6x

Beep 8x

Beep 11x

RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak

Gate A20 - Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri,
Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak,
Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.

[AWARD BIOS]

Beep 1x Panjang

Beep 1x Panjang 2x Pendek

Beep 1x Panjang 3x Pendek

Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus

RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak,

Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk),

Keyboard rusak atau tidak terpasang.


RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.
Untuk menUpdate Bios,perlu berhati hati,jika keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.

Sekian dulu ya......Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: